Kapal Titanic - Cerita dan Tragedi Masa Lalu

Kapal Titanic merupakan kapal penumpang milik White Star Line, dibangun di galangan kapal Harland and Wolff di Belfast, Irlandia Utara, didisain untuk menyaingi kapal Lusitania dan Mauretania milik Cunard Line. Titanic, bersama kapal saudara kembarnya Olympic dibuat untuk menjadi kapal paling mewah dan terbesar yang pernah dibuat.

Kapal Titanic memulai pelayaran pertamanya dari Southampton, Inggris, dalam perjalanan ke New York City, New York, pada Rabu, 10 April 1912, di bawah kendali Kapten Edward J. Smith. Pada saat pelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung es pada pukul 23:40 (waktu kapal), Minggu, 14 April 1912, dan tenggelam sekitar dua jam empat puluh menit kemudian pada pukul 2:20 pagi hari Senin.





Bencana tersebut mengakibatkan kematian lebih dari 1.500 orang,dan menjadikannya sebagai bencana laut terburuk sepanjang sejarah . Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masanya dan orang awam percaya bahwa ia “tidak mungkin tenggelam”.

Ini amat mengejutkan bagi kebanyakan orang bahwa walaupun dengan teknologi modern dan awak kapal yang berpengalaman, Titanic masih tenggelam dengan jumlah kematian yang tinggi. Bangkai kapal ini kemudian ditemukan kembali pada tahun 1985 oleh pasukan yang diketuai oleh Jean-Louis Michel dan Robert Ballard.

0 komentar:

Posting Komentar