Sejarah Singkat Tenggelamnya Kapal Titanic

Pada tanggal 14 April 1912, RMS Titanic menabrak sebuah gunung es pada pelayaran perdananya di bawah kendali Kapten Edward J. Smith dari Southampton, Inggris ke New York City. Kapal Pesiar mewah ini kemudian tenggelam di Samudra Atlantik. Tenggelamnya Titanic mengakibatkan kematian sebanyak 1.514 orang dalam salah satu bencana maritim masa damai paling mematikan sepanjang sejarah.





Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang. Titanic dianggap sebagai puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologi. Ia dianggap oleh majalah Ship Builders sebagai kapal yang “hampir tidak mungkin tenggelam.”

Dari sejumlah 2.223 orang penumpang, hanya 706 orang penumpang yang selamat; 1.517 orang penumpang tewas. Kebanyakan penumpang tewas disebabkan karena korban terkena hypothermia dalam air 28 derajat F (-2 derajat C). Hanya dua dari 18 perahu penyelamat yang kembali untuk menyelamatkan korban dari dalam air selepas kapal tenggelam.

Begitulah sejarah singkat mengenai tenggelamnya kapal Titanic.

0 komentar:

Posting Komentar